Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Ada beberapa cara yang bisa kita bisa lakukan untuk mencegah Pemanasan global tersebut.

Dari hal-hal kecil :

  1. Hemat air. Jangan berlama-lama ketika mandi. Ingat! Hemat air bisa mengurangi efek global warming.
  2. Di rumah suka menggunakan mesin cuci? Jangan gunakan mesin pengeringnya. Karena bisa menghemat CO2 sampai 300kg/tahun.
  3. Sering laundry baju di binatu? Sebaiknya tolak plastik pembungkusnya. Atau khusus pesanan kamu, minta dimasukan ke kantong yang bisa dipake berulang-ulang. Mengurangi penggunaan plastik, juga membantu mengurangi Global Warming, loh.
  4. Pilih TV flat screen monitor dibandingkan monitor tabung. Selain hemat energi, bikin mata tidak cepat lelah juga.
  5. Finish your food! Jangan pernah sisakan makanan, karena sisa makanan merupakan sumber sampah yang besar. Jadi, pesan makanan sesuai kemampuan kita.

Dari makanan/minuman :

  1. Kurangi konsumsi daging. Bervegetarian adalah yang terbaik! Berdasarkan penelitian, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum.
  2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar. Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita.
  3. Beli produk lokal, hasil pertanian lokal sangat murah dan juga sangat menghemat energi, terutama jika kita menghitung energi dan biaya transportasinya. Makanan organik lebih ramah lingkungan, tetapi periksa juga asalnya.
  4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas.
  5. Beli dalam kemasan besar. Akan jauh lebih murah, juga menghemat sumber daya untuk kemasan.
  6. Matikan oven Kita beberapa menit sebelum waktunya. Jika tetap dibiarkan tertutup, maka panas tersebut tidak akan hilang.
  7. Hindari fast food. Fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu konsumsi fast food juga buruk untuk kesehatan Kita.
  8. Gunakan gelas yang bisa dicuci. Jika Kita terbiasa dengan cara modern yang selalu menyajikan minum bagi tamu dengan air atau kopi dalam kemasan.
  9. Berbelanjalah di lingkungan sekitar Kita. Akan sangat menghemat biaya transportasi dan BBM Kita.

Dari dalam rumah :

  1. Turunkan suhu AC Kita. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita merasa cukup nyaman saja.
  2. Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Gunakanlah timer sesuai dengan kebiasaan Kita.
  3. Gunakan pemanas air tenaga surya. Meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang hal ini akan menghemat tagihan listrik Kita.
  4. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes.
  5. Gunakan lampu hemat energi.
  6. Hindari posisi standby pada elektronik Kita! Jika semua peralatan rumah tangga kita matikan (bukan dalam posisi standby) maka kita akan mengurangi emisi CO2 yang luar biasa dari penghematan energi listrik. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-off-nya.
  7. Jika pengisian ulang baterai Kita sudah penuh, segera cabut! Telepon genggam, pencukur elektrik, sikat gigi elektrik, kamera, dan lain-lain. Jika sudah penuh segera cabut.
  8. Kurangi waktu dalam membuka lemari es Kita. Untuk setiap menit Kita membuka pintu lemari es. Akan diperlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.
  9. Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak. Jika Kita memiliki keluarga kecil, tidaklah perlu setiap hari mencuci.
  10. Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol. Pilihan spray dengan kemasan botol kaca akan lebih baik. Aerosol juga penyumbang besar dalam pencemaran udara kita.

Dari kendaraan :

  1. Berliburlah di dalam negeri dan gunakanlah transportasi darat! Sebab berlibur akan sangat meningkatkan jejak karbon Kita.
  2. Kurangi perjalanan bisnis Kita. Teknologi sekarang sangat memungkinkan untuk melakukan teleconference, juga menyediakan begitu banyak metode berkomunikasi via internet.
  3. Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah anak Kita, hal ini akan sangat mengurangi beban BBM Kita, sopir, dan cicilan kendaraan.
  4. Ganti bahan bakar Kita! Gunakan bahan bakar alami atau yang dapat diperbaharui (di Indonesia tersedia bio solar dan bio pertamax). Luar biasa jika bisa Kita bisa menggunakan bahan bakar hidrogen.
  5. Matikan mesin saat menunggu di sekolah anak Kita atau saat terjadi kemacetan total. Ini sangat sering terjadi. Panas saat menunggu bisa dikurangi dengan menggunakan kaca ilm yang baik atau penghalang matahari yang banyak dijual di toko aksesoris mobil. Atau parkirkan mobil Kita ditempat yang rindang.
  6. Belajarlah cara mengemudi yang baik. Ganti perseneling lebih awal bisa mengurangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan atau lampu lalu lintas berhentilah perlahan bukan dengan rem mendadak. Hindarkan mengemudi dengan kasar. Pindahkan gigi saat mencapai 2500-3000 rpm. Dan mengemudilah di batasan 1500-3000 rpm, beberapa survei mendapatkan hasil yang memuaskan dalam kehematan BBM dalam range tersebut.

Dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk mencegah global warming atau pemanasan global.