Tanda-tanda cinta yang sehat di antaranya:
1. Ngutamain akhlak yang baik dengan dasar ketulusan hati dalam menjalin hubungan. So, biasanya ini berwujud dalam suatu ajakan yang bersifat positif, seperti menghargai kebutuhan pribadi kamu, membantu semua kesulitan kamu, ngajakin kamu pada hal-hal yang positif, hingga mendoakan kamu bila sedang dalam kesulitan.

2. Jujur, konsekuen, dan nggak munafik dalam mengekspresikan cinta. Biasanya, cinta pendidikan, berotak encer ala Albert Einstein, dan superkreatif. Kaya akan ilmu akhirat, berarti kita tahu banyak tentang aturan main, hadis, dan perintah-perintah Allah agar menjadi pribadi saleh-salehah. Kaya akan akhlak mulia, berarti kita punya sifat-sifat positif dan ketulusan hati yang bisa mengisi kekurangan hati dan sifat pasangan kita. Terakhir, adalah kaya akan fisik dan bodi, berarti kita punya wajah yang good looking seperti Tao Ming Tse, and punya bodi seksi seperti Madonna atawa Arnold Schwarzenegger. So, simpulannya tinggal pertanyakan mana saja kekayaan yang kita miliki dan yang dimiliki oleh dambaan hati kita? Bisakah kekayaan kita mengisi kemiskinan partner kita dan bisakah kekayaan partner kita menutupi kemiskinan yang dimiliki oleh kita? Jawabannya, ada pada diri kita sendiri. Oke?!

4. Senantiasa konsekuen dengan pasangan dan tanggap terhadap kondisi pasangan di setiap situasi karena dia kenal betul siapa yang dicintainya sebagai bentuk taaruf yang balk dan sukses.

5. Bisa menjaga kehormatan diri pasangannya dan tahu bahwa cintanya itu karena Allah Swt.

6. Cinta yang selalu bisa bikin tersenyum, rayuan secukupnya bukan janji surga. Masalahnya, kalo sampe kebanyakan senyum, nanti kita dikira gila, lho!

7. Mengutamakan isi cinta dan bukan kulit cinta. Artinya, seseorang memberikan cinta karena kepribadiannya, bukan karena gebyar penampilannya atau rayuannya.